This Is My Site

Monday 6 March 2017

Renang di Cipondok / Sumber - Sumber Mata Air Aqua.

Berawal dari kebosanan dengan kegiatan di dalam kota, Kota Bandung tentunya...
Bersama partner backpacker, kami putuskan untuk mencari destinasi shortrip kami.  
Berhubung belum waktunya LIBUR, jadi kami cari yang bisa dikunjungi dalam waktu satu hari, tentunya hanya yang dekat dan sekitar kota Bandung juga, dapat referensi juga dari teman lainnya, kami putuskan untuk menuju ke Kabupaten Subang.

Eiittsss... bukan Pemandian Sari Ater lho yaa.. itu gak masuk kriteria backpacker soalnya, hehee..
yupps, kami putuskan untuk menuju ke Sumber Mata Air Cipondok atau warga setempat menyebutnya "Sumber".

Terletak di Kabupaten Subang, tepatnya di Pasanggrahan, Kasomalang. Jika kalian menggunakan kendaraan pribadi (motor/mobil) dari arah Bandung atau Tangkuban Perahu, kalian bisa menuju ke arah Subang yaa.. Sari Ater, lewat terus, masuk ke Jalan Cagak, lanjut terus ke arah Tugu NANAS, nah disini kalian lurus ke arah Sumedang (petunjuk arah) sampai masuk Jalan Kasomalang. Sepanjang jalan ini kalian pasti akan menemui truk-truk dengan muatan GALON, nah tujuan akhir truk ini lah tujuan kami juga, tapii, kalau truk itu ke dalam pabrik, kami tentu ke 'belakang' pabrik nya..


(Pict: Google Street View)
Dari gambar diatas.. kami pun masuk menuju gerbang pabrik, sebelum gerbang tersebut, ambil jalan arah kiri menyusuri parit kecil, jalan kecil tersebut lah yang akan menuju ke Sumber Mata Air yang kami tuju, jalan ini masih cukup untuk 2 motor sekaligus, tapi mobil tidak bisa lewat sini, hanya sampai sebelum gerbang pabrik.
 Beberapa bagian jalan masih berupa batu-batu kerikil, tapi ada juga sebagian yang sudah bagus (beton). Gak jauh dari gerbang pabrik itu jalan menuju Sumber makin kecil, yang akhirnya sampai di batas hanya cukup satu motor saja, karena melawati persawahan warga. 


Nah... Gambar diatas itu petunjuk menuju ke Sumber yang kami tuju, bisa dilihat ke arah bawah adalah area persawahan, jadi hanya cukup satu motor saja, kalau ada motor dari arah depan, ya terpaksa nunggu sampai lewat dulu, 😂 
dan... setelah lewat persawahan ini, sampai lah kita di Sumber Mata Air Aqua ini.































Hal pertama yang kita fikirkan adalah............. bener ini tempatnya? kok cuma gini??
Yess.. untuk yang pertama kali kesini mungkin itu juga yang ada dipikiran kalian. 

Gak pake lama, langsung ganti setelan renang, oya..disini juga sudah disediakan loker dan toilet/ruang ganti, jadi fasilitas cukup lah untuk kolam sumber ini.


*kalau keliatan itu disebelah kiri gambar ada pipa yang menuju ke pabrik air minum mineral itu 😃 *

Air nya yang terus ngalir dari arah hulu, bikin kolam ini airnya seger terus, kayak gak ada air yang mengendap di kolam, karena air dari hulu terus ngalir sementara di sisi yang lain air juga terus keluar dari kolam, jadi selalu seger dan pasti jernih yaa.. 

Yahh, akhirnya 2 jam di kolam ini udah sangat lebih dari cukup untuk penyegaran dari penatnya kota, lumayan refreshing dengan biaya minim, siapa juga yang gak mau kan...

Setelah beres ganti baju, jgn lupa untuk sekedar ngopi-ngopi di warung atau jajan bakso yang ada disitu ya, ~ada 1 warung yang nyediain loker sama 1 bakso yang jualan disitu~.

Yupp.. Kami selalu membiasakan untuk sekedar jajan di tempat warga sekitar jika trip kemanapun itu.

Total pengeluaran dari Bandung-Sumber-Bandung (sepeda motor), kira-kira seperti ini:
- Bensin : Rp. 30 Ribu PP
- HTM Kolam Sumber : FREE/GRATIS
- Loker : Rp. 5 Ribu/loker
- WC/Ruang Ganti : Rp. 3 Ribu/orang
- Parkir : Rp. 3 Ribu/motor



 Udah dulu deh cerita Sumber nya ya... See You on Next Trip... 

1 comment:

  1. https://drive.google.com/uc?id=1JMMC5w58WJ_SUg_DFyxRzlD_yZd9-1Rp&export=download

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com